Sabtu, 24 Desember 2011

Van Gogh, karya anak manusia yang tak kenal henti



Van Gogh itu nama yang dikenal selama ini oleh dunia. Nama lengkapnya adalah Vincent Willem Van Gogh. Seorang pelukis asal Belanda, hidup 30 Maret 1853 - 29 juli 1890. Banyak karya yang telah dihasilkannya setelah dihitung-hitung ada 800 lebih karya. Dengan pencapaian terbaiknya dengan lukisan Wheatfield and the reaper dan irises.


Yang menarik untuk disimak dari perjalanan hidupnya adalah kegigihannya untuk bertahan hidup. Boleh dikatakan dia hidup dari hasil penjualan lukisannya, namun sering lukisannya tidak dianggap, dan sering tidak terjual. Sehingga kehidupannya sangat sulit waktu itu. Bahkan dia pun sering dikenal sebagai pelukis "gila".


Dalam perjalan hidupnya dia sampai ke Paris. Di sana dia pun mulai menderita gangguan jiwa, suka menghayal. Dalam rawatannya di sebuah rumah sakit dia masih bisa melukis dengan karya besarnya kedua lukisan yang disebutkan tadi. Di sana dia melukis apa yang tampak dihadapannya. Kamarnya kah itu, pemandangan alam luar, ladang gandum, ladang anggur, dan lain-lain.


Tragisnya pada 27 Juli 1890 Van Gogh menembak dadanya sendiri. Selang dua hari berikutnya dia meninggal dunia. Pada saat itu karya terakhirnya adalah Wheatfield with Crows. Banyak yang mengkaitkan karya terakhirnya ini dengan kematiannya. Karena burung gagak dianggap sebagai tanda kematiannya yang sudah mendekat. Setelah kematiannya, lukisan-lukisan yang telah dihasilkannya kembali dikenang.


Sekarang banyak ahli seni yang mencoba mengungkap adanya kaitan lukisan Van Gogh ini dengan alam pikirannya. Karyanya menjadi cerita perjalanan hidup Van Gogh. Lukisan yang dihasilkannya kemudian menjadi nilai jual yang sangat tinggi yang dia pun tidak menikmatinya.


Berkaryalah untuk yang terbaik yang dapat dilakukan. Itu yang dapat kita ambil pelajaran dari Van Gogh. Apapun anda, karyawan, pekerja kasar, direktur, seniman, dokter, dosen, dan lainnya. Anda akan dinilai dari apa yang anda tinggalkan untuk dunia ini. Anda akan dikenang dengan apa yang tampak dan tidak dari perbuatan yang dilakukan. Baik untuk dunia, minimal untuk lingkungan kecil di sekitar anda.     

Tidak ada komentar: