Kamis, 15 Desember 2011

Hobi baru (balax), penyegar kembali probabilitas


Telah lama ku pelajari tentang peluang dalam ilmu matematika. Sekitar ± 9 tahun yang lalu oleh seorang guru bernama Yasmurti Permatasari yang sekarang mengajar di SMA N 5 Padang. Yang ku ingat waktu itu adalah peluang sebenarnya bukanlah ilmu pasti. Namun bisa dihitung terjadinya suatu kemungkinan. Mohon dikoreksi, Bu. Kalau ada penjelasan ananda yang salah, itu pun kalau ibu lihat blog saya ini.

Misalnya peluang koin Rp 500,- yang ada gambar melati (M) dan di belakangnya lambang garuda (G). Jika dianggap hanya G atau M yang akan ditampakkan dalam satu pelemparan koin dan bukan koin berdiri, bukan G atau M. Maka kita mulai sedikit pembahasan menghitung peluang yang maksudkan disini. Singkat saja peluang dalam satu kali pelemparan koin G:M=1:1.

Pemahaman lebih lanjut baca kembali buku yang membahas masalah ini. Salah anda bolos atau malas ketika pelajaran ini diajarkan oleh guru anda sendiri. Padahal kalau paham pendahuluan pada bab probabilitas tentu anda akan tahu ini ilmu judi, tentu anda telah menjadi manusia setingkat dibawah God of Gambler.

Ya, ini bisa diterapkan pada permainan domino yang keseluruh kartu ada 28 buah. Sehingga peluang diambilnya salah satu kartu dapat kita nilai 1/28. Permainan domino di masing-masing daerah tentu berbeda. Namun peluang 1/28 tadi tetap berlaku di mana saja. Penasaran untuk cerita lebih lanjut? Yah, baca sendiri lah lagi. karena penulis pun mengetik apa yang ada dalam pikiran penulis sendiri. Tanpa ada referensi yang langsung saat ini. Salam.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

anjing.
kalo ga bisa nulis jgn blagu dong.
pake nyuruh baca sgala.
llo bener" anjing