Jumat, 16 Desember 2011

Android, sebuah fenomena sesaat atau pelarian

Sebuah operasi sistem yang dimiliki Google Inc. yang sedang banyak digunakan sekarang  pada peranti bergerak. Seperti ponsel, tablet (meski tidak seperti tablet yang dibayangkan selama ini), bahkan terakhir yang penulis ketahui dipakai untuk tape mobil dan bahkan untuk jam tangan.

Android sebenarnya sebuah bentuk pengembangan sistem operasi yang sebelumnya telah ada, linux. Menggunakan android tidak ubahnya seperti menggunakan linux. Walaupun kita dimanjakan dengan segala kelebihan android dalam penggunaannya dibandingkan menggunakan linux. Bahkan kalau kita ingin merasakan ""dunia kegelapan" linux kita bisa menggunakan aplikasi yang tersedia. Kita bisa mengetik command seperti halnya linux. Sehingga android sama halnya dengan linux juga bersifat open source.

Sebenarnya masih banyak sistem operasi lain selain android. Seperti iOS milik Apple, webOS yang tidak lagi sesukses android, Blackberry OS, Windows mobile atau 7-nya, symbian dari Nokia yang sekarang makin tidak diminati dan lain-lain. Jadi, kenapa harus membahas android sekarang? Penulis sebenarnya tidak ingin menonjolkan salah satu operasi sistem. Namun dengan begitu terkenalnya android pada saat ini tentu tidak ada salahnya kita membahas android.

Penulis sebenarnya telah mendengar nama android ini sejak tahun 2006. Dikatakan bahwa ada sistem operasi baru dimunculkan untuk menjadi alternatif selain sistem operasi yang telah ada sebelumnya. Bahkan digadang-gadang bisa menumbangkan dominasi windows. Terlintas dalam pikiran waktu itu seperti apa pula bentuk android ini. 

Tahun demi tahun lewat sampai pada booming android pada tahun 2010-an sampai sekarang. Banyak bermunculan perangkat bergerak yang menggunakan android. Penulis memang tidak pernah memiliki yang "resmi". Namun dari yang pernah dipinjam perangkat bergeraknya, takjub juga. Banyak aplikasi yang tersedia, enak dilihat mata, layar sentuh yang menawan, harga yang dinilai cukup masuk akal dibandingkan yang lain. Inilah segelintir kelebihan yang dimiliki walaupun masih ada kekurangan lain seperti baterai boros, untuk mengetik kadang agak terasa sulit, rata-rata memang demikian. Memang tergantung pada produk yang dipakai sebenarnya.

Penulis sendiri sebenarnya pernah sangat-sangat ingin meng-upgrade perangkat bergerak yang sedang dimiliki saat ini, Samsung GT-C6625 dengan windows mobile 6.1 standard, dengan android "resmi". Tidak pernah terpikirkan untuk memakai yang lain seperti Blackberry, windows, bahkan iPhone. Dengan pertimbangan bisa melihat file lebih leluasa, mencoba hal yang baru, mencobakan aplikasi yang berlimpah. Sebenarnya dari finansial yang pas-pasan bisa jugalah untuk mendapatnya. Namun setelah dipikir-pikir masih bisa untuk menundanya. Apalagi android masih terus dikembangkan dan terus dikembangkan untuk menutupi kelemahan yang ada. Tentu pada saat inilah saat yang tepat untuk mengganti yang lama.

Apakah android akan terus bertahan? Waktu lah yang akan menjawabnya. Bisa jadi juga akan bernasib sama dengan symbian. Disamping itu iOS, Blackberry, windows sudah mulai berbenah dengan segala kelebihan yang diperlihatkan. Namun melihat antusias yang ada tentu android dalam waktu dekat tidak akan menghilang begitu saja. Ditambah lagi berita terbaru bahwa pemain lama, Intel, juga ikut mengembangkannya.  

Tidak ada komentar: