Jumat, 27 Januari 2012

Divertikulitis


Divertikulitis merupakan salah satu pembahasan dalam kedaruratan abdomen. Sering kita sebagai sang pen-diagnosis melupakan diagnosis ini. Bukan maksud menggurui atau mengajari pembaca. Namun penting jugalah membahas topik ini. Jadi perlulah saya kembali mengingatkan mengenai topik ini.

Divertikulitis didefinisikan sebagai radang akut, mendadak atau tiba-tiba, yang didasari dengan riwayat divertikulosis sebelumnya.

Gejala yang dirasakan adalah nyeri pada kuadran kanan bawah, kadang disertai mual.

Pada pemeriksaan fisik dapat ditemukan nyeri tekan kuadran kiri bawah pada saat melakukan palpasi, kadang kala dapat juga ditemukan nyeri lepas lokal ringan. Nyeri lepas berat, kekakuan, atau tanda-tanda peritoneal lain dapat menunjukkan terjadinya perforasi.

Dengan bantuan laboratorium tentulahldapat sangat membantu. Apalagi kalau disertai dengan perforasi. Leukositosis sering didapatkan dalam pemeriksaan darah rutin. Dengan bantuan teknologi radiologi, foto abdomen tiga posisi hendaknya dipikirkan jika ada tanda-tanda peritoneal yang bermakna, gambaran udara bebas pada perforasi viskus

Tidak ada komentar: